Jumat, 29 Januari 2010

Posting


Blog adalah cermin dari pemiliknya. Tulisan/ gambar/ video/ musik dan semua hal di dalamnya menggambarkan sang pemilik blog. Cara mengemas blog juga merupakan gambaran seberapa jauh niat pemilik untuk menyelaraskan gayanya dengan gaya blognya. Banyak hal yang bisa menjadi gambaran, tetapi yang terpenting dan yang paling menggambarkan adalah tulisan dari setiap postingan yang ada di blog tersebut.

Tulisan dalam postingan bisa membantu kita menebak banyak hal dari sang penulis mulai dari gender, hobi, idola, keahlian, sudut pandang, agama, aliran agama dll. Tetapi terkadang semua hal ini dalam blog bisa saja menipumu! Untuk itu para peseluncur dunia maya menciptakan "kopi darat" agar bisa bersilaturahmi dan kenalan dengan pemilik blog di dunia nyata.

Blog adalah media luar biasa. Media ini membuat kreasi kita bisa dibaca jutaan mata. Blog bisa menebar manfaat atau menebar mudharat secara masif, untuk itu janganlah sembarang tulis, tulisan di blogmu bisa memperngaruhi banyak orang. Banyak orang bisa jadi musuhmu atau sebaliknya, banyak orang yang akan menjadi sahabatmu. Sahabat bisa jadi musuh, musuh bisa jadi sahabat.

Postingan memang terkadang begitu sulit untuk diciptakan. Kita terkadang takut postingan kita tidak manfaat, takut bahasa menyakiti hati orang lain, takut munafik, takut di tuntut dengan UU ITE (yang ini kasusnya jarang), takut ini, takut itu. Satu hal yang saya ingat, kata seorang sahabat saya, "Bukankah setiap hal yang kita lakukan itu beresiko? hanya saja resikonya memang berbeda-beda".

Biasanya masalah timbul karena kita tidak memahami konsep dalam bertindak. "Memutuskan, memilih, bertanggung jawab" kata Dr. Ibrahim Elfiky, contoh gampangnya kitalah yang memutuskan kita mau jadi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) atau Matres (Mahasiswa Stress). Lalu kitalah yang memilih mewujudkannya dengan cara apa, dan kita pula yang bertanggung jawab atas usaha kita, baik hasilnya positif maupun negatif. Ketika kita mendapat hasil positif maka bersyukurlah dan jangan pernah sombong. Ketika hasilnya negatif tak ada alasan untuk menyalahkan orang lain ataupun diri sendiri, karena kegagalan juga bagian dari tanggung jawab, dan dari kegagalan lebih banyak hal yang kita pelajari dibandingkan kita berhasil.

Posting, yang ngepost saja. Niatkan dengan yang baik, kerjakan dengan baik, selesaikan dan bersiaplah akan tanggung jawab yang harus diemban dari setiap postingan. Insya Allah klo niatnya baik, efeknya akan baik juga. Menulislah! akan ada banyak hal yang bisa dipelajari. Oh ya satu hal! Banyaklah membaca, karena tidak akan ada yang bisa kita tulis jika kita jarang baca (sedang menyindir diri sendiri, supaya lebih banyak membaca). Akhirnya selesai juga postingan ini.

Just post it!

8 komentar:

Ecky A. mengatakan...

takut..emang sih jar, kadang2 kalo nulis takut salah dsb..hhe, an sendiri kadang ngerasa gt

btw, nice post

milki mengatakan...

blog jadi menarik karena ngasih gambaran yang lebih jelas tentang penulisnya...

btw nice posting, suka blog soalnya

Fajrie mengatakan...

tadinya gw pikir blog tuh buat curhat lho,, gataunya??
hahhaha
bisa gaswat kalo curhat di blog....

Muhamad Fajar mengatakan...

@fajri ajah
Boleh-boleh aja jri buat curhat, tidak ada yang melarang. Banyak orang menggunakan blog untuk curhat, selama tidak menyinggung perasaan orang lain sepertinya tidak masalah.

Anonim mengatakan...

tetaplah menulis, bro!!
btw, link saya kok ada sesepuhnya ya? kesannya udah tua aja nih kita :D

Anonim mengatakan...

waaaah terimakasih kak fajar.. ngena banget, soalnya belakangan kadang2 ngerasa ada yg ngeganjel aja pas ngepost sesuatu, khawatir ini, khawatir itu, lalalaaa. Iyaa, insyaAllah kalo niatnya baik, akan membawa kebaikan juga, walaupun harus berani bertanggung jawab atas postingannya itu.. :)

Rama mengatakan...

Sepakat...

blog itu mencerminkan kepribadian penulisnya, meski kadang bisa juga tulisan tidak sesuai dengan perbuatan..

Anonim mengatakan...

memutuskan akan menjadi matras (kasur)

Saya?!

Foto saya
Dipanggil Fajar. Sampai saat ini masih yakin terlahir untuk menjadi pemenang, walaupun saat ini saya masih amat jauh dari pribadi dan pengetahuan seorang pemenang. Saya harus terus belajar hingga benar - benar menjadi pemenang di dunia dan di akhirat bersama pemenang-pemenang lainnya. Alhamdulillah saat ini saya telah lulus dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Cita - cita : Menjadi seorang pemilik perusahaan IT Indonesia yang disegani di seluruh dunia, dan menjadi orang super kaya sehingga mampu membantu sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia! Hal ini tak akan bisa terwujud tanpa doa, dukungan dan kerja keras. Untuk itu mohon doanya juga dari para pembaca :D

Fajar's Personality

Click to view my Personality Profile page