Sabtu, 07 Januari 2012

Tolong vote ya :D


Dear all bloggers,

Ceritanya saya dan kawan-kawan periset di kampus sedang mencoba memasukan produk kami ke kompetisi milik Lenovo. Singkat cerita langsung saja inilah deskripsi produk kami.

Gambar Prototipe Portable Smart Cardio Device. (Kiri bawah: Patient simulator, Atas: Tablet ber-OS Android, Kanan Bawah: Analog Digital Conventer untuk Sinyal ECG + Bluetooh Transceiver)

Portable Smart Cardio Device.

Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia (tahun 2002). Kami ingin membuat alat portable yang bisa mendeteksi penyakit jantung sehingga dapat menjadi faktor penunjang dalam mereduksi jumlah kematian akibat penyakit jantung. Alat ini berukuran kecil sehingga mudah dipakai dan tidak mengganggu mobilitas pengguna. Alat ini juga memiliki akurasi yang tinggi untuk mengenali dan mendeteksi penyakit jantung. Alat ini akan memberikan peringatan dini ketika gejala penyakit tersebut muncul. Hal ini memungkinkan karena kami menanamkan kecerdasan komputasional pada alat ini. 

Alat ini akan menjadi alternatif pengganti electrocardiogram yang dijual pada saat ini bahkan punya nilai lebih karena memiliki kemampuan dalam mendiagnosa kesehatan jantung pengguna. Alat ini akan memanfaatkan tablet atau ponsel cerdas dengan sistem operasi Android dan microcontroller untuk memproses data dari elektroda sebagai sensor elektrokardiagram. Selain itu terdapat alternatif pula berupa perangkat lunak untuk PC (versi aplikasi desktop). Data akan diolah dan dianalisis menggunakan algoritma kompresi dan algoritma jaringan saraf tiruan. Pada akhirnya keberhasilan pembuatan alat ini akan memacu kami untuk membuat produksi masal agar dapat digunakan baik oleh akademisi di bidang ilmu komputer dan bidang kesehatan serta bermanfaat bagi masyarakat.

Intinya, tablet disambungkan ke alat, disambungkan ke sensor jantung yang ditempel di kedua tangan dan kaki, sehingga bisa mendeteksi penyakit jantung. Proyek ini dipimpin oleh seorang dosen saya, bernama Pak Wisnu. Demi kebermanfaatan bersama tolong di vote ya di sini

Terima Kasih :D

2 komentar:

fuad hasan mengatakan...

great inovation..... lanjutkan, engak semua anak bangsa punya madesu.... penulis blog ini contohnya....

anton mengatakan...

Luar biasa... Saya sangat salut dengan Anda... Inspirasi buat anak2 bangsa ini..

Semangat...

Saya?!

Foto saya
Dipanggil Fajar. Sampai saat ini masih yakin terlahir untuk menjadi pemenang, walaupun saat ini saya masih amat jauh dari pribadi dan pengetahuan seorang pemenang. Saya harus terus belajar hingga benar - benar menjadi pemenang di dunia dan di akhirat bersama pemenang-pemenang lainnya. Alhamdulillah saat ini saya telah lulus dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Cita - cita : Menjadi seorang pemilik perusahaan IT Indonesia yang disegani di seluruh dunia, dan menjadi orang super kaya sehingga mampu membantu sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia! Hal ini tak akan bisa terwujud tanpa doa, dukungan dan kerja keras. Untuk itu mohon doanya juga dari para pembaca :D

Fajar's Personality

Click to view my Personality Profile page